Labuan Bajo Series – Jalan-Jalan di Pulau Komodo sekaligus Snorkeling di Pantai Pink

Seperti orang bilang, kalau belum ke Pulau Komodo berarti kita belum wisata ke Flores. Taman Nasional Komodo yang berlokasi Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memang mempunyai obyek wisata yang menarik bagi turis mancanegara maupun lokal. Sebenarnya ada 2 tempat yang dijadikan Taman Nasional Komodo yaitu Loh Buaya (Teluk Buaya) di Pulau Rinca dan Loh Liang di Pulau Komodo. Dalam wisata ini, kami hanya mengunjungi Loh Liang.

Untuk berjalan – jalan melihat komodo di Loh Liang ada 4 paket yang bisa kami pilih:
1. Short Trek: hanya berjalan menyusuri trek sambil melihat-lihat komodo
2. Medium Trek: melewati 3 bukit dengan kesempatan melihat pemandangan lebih bagus dan bisa lebih sering melihat komodo
3. Long Trek: melewati 3 bukit kecil kesempatan melihat pemandangan lebih bagus dan bisa lebih sering melihat komodo tapi bisa mendapatkan trek lebih panjang
4. Adventure Trek: paket ini paling jauh, melewati bukit bebatuan yang lebih tinggi, hutan hujan dan hutan bambu, dengan tujuan mencapai puncak Poreng yang merupakan monument peringatan untuk Baron Rudolph Van Redding.
Untuk lebih jelasnya mengenai paket jalan-jalan bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Karena kami hanya berencana setengah hari di Pulau Komodo, kami hanya memilih Short Trek yang memakan waktu sekitar 45 menit. Kami dapat kesempatan melihat komodo 2 kali, yang pertama adalah komodo yang terpanjang sekitar 3,2 meter seperti gambar di bawah ini dan yang kedua juga lumayan besar, sekitar 2 meter. Untuk keamanan, selama melewati trek, kami harus ditemani oleh 2 pawang karena di pulau ini tidak ada pagar pembatas antara komodo dengan pengunjung. Komodo ini bisa memakan binatang apapun baik hidup atau mati. Seperti binatang – binatang lainnya, Komodo juga punya musim kawin, setiap bulan Juni – Juli.


Setelah menjalani trek, kami istirahat sebentar sekaligus membeli souvenir kaos. Nah souvenir ini menarik perhatian saya karena di pasar souvenir ini ada yang menjual kaos dengan gambar peta yang lumayan informatif mengenai pulau Komodo dan Pulau Flores.

 

Kemudian kami lanjutkan perjalanan ke Pantai Pink. Meskipun Pantai Pink satu pulau dengan Taman Nasional Komodo, kami tetap harus naik kapal karena jaraknya yang lumayan jauh. Pantai Pink juga merupakan andalan wisata Pulau Komodo sebagai tempat untuk snorkeling dan menyelam untuk melihat bermacam – macam kekayaan laut seperti terumbu karang, rumput laut, ikan – ikan kecil, dll. Tidak hanya itu, kami juga menikmati keindahan pantai dan bukitnya yang hijau cerah. Menurut saya pribadi, saya sangat puas dengan pengalaman saya di Pantai Pink. Saya tidak hanya menikmati pemandangan laut dan pantai, tapi saya juga merasa segar dan bugar ketika berolah raga snorkeling. Sehingga, wisata ini merupakan wisata yang membuat badan menjadi sehat secara fisik maupun pikiran.


Yang mau jalan2 yuk pesan tiket pesawatnya dengan klik link Pesan Tiket Pesawat dan Penginapan

Mau lihat videonya? Langsung aja nonton You Tube ini yah dan jangan lupa like & subscribe di video youtube Pulau Komodo

Yang mau tahu lokasi Pulau Komodo di peta bisa lihat gambar di bawah ini atau masuk ke link google map Pulau Komodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *